Re-Launching Galeri Investasi Syariah BEI STAIN Bengkalis

MKSY STAIN Bengkalis – Senin, 23 Oktober 2023 PT Bursa Efek Indonesia yang dalam hal ini diwakili oleh Kantor Bursa Efek Indonesia Perwakilan Riau bersama PT Korea Invesment and Sekuritas Indonesia (KISI) Melaksanakan Re-Launching Galeri Investasi Syariah BEI STAIN Bengkalis di Politeknik Negeri Bengkalis. Galeri Investasi Syariah BEI STAIN Bengkalis merupakan Galeri Investasi Syariah BEI ke-2 di Kabupaten Bengkalis. Saat ini, jumlah Galeri Investasi BEI di seluruh Indonesia berjumlah 847 galeri investasi yang ada di Perguruan Tinggi, Intansi dan Perusahaan Tercatat. Jumlah ini terus mengalami pertumbuhan setiap tahunnya.

Kepala Kantor BEI Perwakilan Riau Emon Sulaeman berharap, dengan adanya Galeri Investasi Syariah BEI STAIN Bengkalis dapat berguna bagi masyarakat Riau, khususnya civitas akademika STAIN Bengkalis dan akan banyak aktivitas sosialisasi serta edukasi yang diselenggarakan. Termasuk diantaranya adalah mengaktifkan Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM) yang nantinya dapat menciptakan iklim kegiatan belajar mengajar Pasar Modal yang dinamis di lingkungan Galeri Investasi Syariah BEI STAIN Bengkalis.

“Kemajuan teknologi dan informasi turut berperan besar terhadap perkembangan Pasar Modal Indonesia. Dengan adanya kemajuan teknologi dan informasi, peningkatan kesadaran, literasi dan inklusi terkait pasar modal kepada masyarakat Indonesia menjadi lebih mudah, lebih murah serta lebih transparan dan kredibel. Online trading yang telah lebih dahulu diterapkan di Pasar Modal Indonesia telah menjadi sangat sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan penerapan pada era digital saat ini” Emon menambahkan.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Direktur 2 Politeknik Negeri Bengkalis Guswandi, ST., MT. Beliau berharap hal ini akan meningkatkan wawasan dan kesempatan bagi para mahasiswa untuk belajar berinvestasi di Pasar Modal. “Saya melihat cukup banyak Investor di Indonesia yang sukses dan kaya dari Pasar Modal dan bisa dijadikan rule model, ada Bapak Lo Keng Hong, Bapak Sandiaga Uno dan banyak lagi. Dengan adanya Galeri Investasi ini, semoga kegiatan edukasi tentang pasar modal agar dapat dilaksanakan secara kontinue dan membuahkan hasil yang baik bagi seluruh sivitas akademik di Bengkalis,” ungkapnya.

Dalam rangkaian acara peresmian tersebut dan re-launching juga dilaksanakan seminar dengan Tema Investasi di Pasar Modal Indonesia yang dihadiri oleh 130 mahasiswa/I dari Politeknik Negeri Bengkalis dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis. Hadir sebagai pembicara pada seminar praktisi tersebut yaitu Haldo Haibatil Qudrah Hanafi selaku Executive Trainer BEI Riau dan Abdi Kurnia Andika dari Brench Representative PT Phintraco Sekuritas Pekanbaru. Dalam materinya beliau menyampaikan, tidak dapat dipungkiri bahwa sebagai produk investasi, pasar modal memiliki risiko bagi setiap investor. Disinilah pentingnya pembekalan ilmu bagi para investor, agar para investor dapat mengelola risiko ketika berinvestasi di Pasar Modal Indonesia.