Kaprodi MKSY STAIN Bengkalis Ikuti Workshop Implementasi MBKM dalam Sektor Keuangan Syariah dan Industri Halal

MKSY STAIN Bengkalis, Bersama Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) bekerjasama dengan perguruan tinggi berkolaborasi untuk menyelenggarakan “Workshop Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Ekonomi dan Keuangan Syariah serta Industri Halal pada Perguruan Tinggai di Provinsi Riau” Kamis, [16-03-2023].

Pada kesempatan ini, Kaprodi MKSY Imam Fakhruddin, M.S.I turut menghadiri undangan tersebut bersama dengan Kaprodi Ekonomi Syari’ah dan Kaprodi Perbankan Syariah. Tentunya banyak hal yang sangat penting dalam pelaksanakan Workshop tersebut guna untuk pengembangan kurikulum yang lebih baik.

Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Senat Lt. 5 Gedung Rektorat UIN Suska Riau. Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Dr. Hj Mahyarni, SE, MM sebagai penyelenggara menyampaikan bahwa Kita harus mengambil peran dalam Pembangunan Ekonomi  lewat Program MKBM ini.

Dalam kesempatan ini Soleh Nurzaman , Ph.D pimpinan KNEKS menyampaikan bahwa dalam pengembangan Ekonomi Syariah butuh SDM yang Unggul dan Perguruan Tinggi menjadi pionir dalam membentuk SDM yang berkontribusi baik di sektor Keuangan maupun Sektor Industri.

Perwakilan KDEKS Wilayah Riau H. Abdul Rasyid Soeharto Pua, M.Ed menyampaikan bahwa industri halal sangat penting , UIN Suska menjadi lokomotif dalam pengembangan Industri Halal ini berkolaborasi nantinya dengan Kampus se Riau dalam menggerakkan Industri Halal menjadi sebuah Lifesyle.

Acara Resmi dibuka oleh Pimpinan UIN Suska Riau dalam Kesempatan ini dibuka oleh Wakil Rektor III Prof. Edi Erwan, SP.t, Ph.D

Di akhir pembukaan acara dilakukan Penandatanganan MoU Antara Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial dengan KNES Pusat disaksikan langsung oleh Wakil Rektor III UIN Suska Riau, Pihak KDEKS dan Perwakilan Bank Muamalat Riau.

Materi Workshop Implementasi MBKM di Sektor Ekonomi dan Keuangan Syariah disampaikan oleh Ibu Hayati Deputi Analis Kebijakan SDM KNEKS , Bapak Anto Endrianto Pimpinan Bank Muamalat dan Bapak Kamaruddin Wakil Dekan I FEIS UIN Suska Riau dipandu Moderator Ratna Nurani, SE, MM Dosen Prodi Manajemen FEIS UIN Suska Riau.

Materi Sinergi Implementasi  Pendampingan Produk Halal bagi UMKM dengan narasumber Sudarmawan Samidi Analis Kebijakan Divisi Pengembangan SDM KNEKS , Ni Putu Desinthya Kepala Divisi Pengembangan Halal  Assurance System’ dan Prof Dr Fitra Lestari Nohriza P3H UIN Suska  yang juga Guru Besar FST UIN Suska Riau di Pandu oleh Moderator Dr. Dony Martias, SE, MM Dosen Prodi Akuntansi FEIS 

Workshop ini juga dihadiri oleh Perwakilan Perguruan Tinggi di Provinsi Riau seperti dari UIR, UMRI, Universitas Islam Kuantan Singingi, STAI Hubbulwatan Duri, STAI Dumai, STAI Lukman Edy, STAIN Bengkalis dan beberapa Prodi di Lingkungan Kampus UIN Suska Riau.